Overclocking PC

9 Juni 2011 pukul 9:58 pm | Ditulis dalam lain - lain | Tinggalkan komentar

Pada kesempatan kali ini saya ingin menerangkan apa itu arti dari overclocking .. dan untuk apa kegunaanya ..

Overclocking adalah suatu hal yang di lakukan untuk meningkatkan performa dari suatu Computer , misal contoh procesor yg sebelumnya berkecepatan 2.7 ghz di tingkatkan sampai 3.5 ghz , tentu saja untuk melakukan hal ini perlu digunakan pendingin / HSF untuk mendinginkan procesor agar tidak overheat , biasanya tersedia pendingin seperti Air Colling , Hydro Colling dan Water Colling bahkan ada yg melakukannya dengan sebuah cairan Liquid .

Ingat tidak Cuma hanya pendingin / HSF saja yg di butuhkan , pemilihan motherboard juga harus di tentukan , menurut saya jika ingin mengoverclock suatu procesor carilah motherboard yang mempunyai chipset heatsing yg besar , kenapa ? karena heatsing ini dapat mendinginkan chipset pada motherboard dan akan mendapat hasil yg lebih baik , dan jangan lupa pula memilih memory yang mempunyai heatsing juga , karena proses overclocking sangat berpengaruh pada memory , biasanya memory yg bagus digunakan adalah seperti merek berikut : Corsair , Gskil , Patriot , Ocz dll. Ya kisaran harga 300 ribu keatas ..

 

Air Cooling System

Hydro Cooling  System

Water Cooling System

Liquid Cooling System

 

Cuman segtu yang diperlukan ??

Tentu saja belum , dan ini hal yg paling penting sekali dalam overclocking , yaitu pemilihan Power Suply karena power suply sangat berperan pada saat overclocking , karena jika sebuah Computer di overclock maka daya yang diperlukan bertambah , maka dari itu gunakan Power Suply yg Pure atau murni , maksudnya yang benar murni mengeluarkan daya , contoh 350 watt , jadi PSU tersebut benar – benar mengeluarkan daya 350 watt . biasanya power supply yang murni kisaran harga 400ribu keatas ,,

Jangan sekali – kali menggunakan power supply bawaan cassing seperti simbadut heheheheheheh .. atau yang bawaan casing lainya , di jamin hardware anda akan cepat rusak seperti teman saya Firdau Okta Utama di mana PSUnya rusak setelah 4 tahun pemakaian .

Sebenarnya overclocking itu tidak dapat merusak hardware , bahkan overclocking itu dapat membuat kita senang karena kita akan mendapatkan hasil yang sangat luar biasa di banding yang sebelumnya..

Takut procesor / motherboard kamu meledak ? jangan takut , biasanya motherboard jaman sekarang sudah sangat pintar sekali , misalnya jika suhu chipset motherboard dan suhu procesor sudah mencapai suhu 85 C maka computer tersebut akan merestart kembali dan pada kondisi ini anda harus mengembalikan kondisi defaultnya.

Cukup sekian dari saya ,, ingat overcloncking adalah suatu tantangan yang sangat seru sekali untuk di coba ,, karena kita dapat bermain – main dengan hardware kita , dan mengetahui seberapa mana kemampuanya.

By : wawan outsider

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: